SPIRIT, FRESH, AND FUNNY STYLE

Lihatlah Dari Sisi Lain

Saya teringat sewaktu saya sedang membaca komik Detektive Ryu, ya maklum saya memang pecinta cerita misteri. Disana saya menemukan sebuah cerita dimana Ryu CS sedang memecahkan kasus yang rumit dan hamper putus asa karena tidak ada jalan keluar.

Akhirnya dia melihat sebuah pohon besar dan naik ke atas dan saat itu juga matanya berbinar seakan dia punya jawaban atas kasusnya setelah naik ke atas pohon… (hmm…kalau penasaran ceritanya, baca komiknya ya..!!). disini saya juga baru sadar, ternyata ketika kita merasa sulit menemukan jalan keluar atas permasalahan kita, jangan putus asa dibuatnya. Kalau jalan yang biasa kita gunakn terasa buntu, coba lihat dari sisi lain, sudut pandang lain. Seperti kisah RYU tadi yang akhirnya menemukan jalan keluar setelah naik pohon.

Orang terbiasa melihat sesuatu dari yang biasa dilihat dan dipikirkan orang lain, termasuk saya sendiri. Terkadang kita lupa kalau setiap hal punya dua sisi dan sudut pandang yang berbeda.

Contohnya, banyak di antara kita yang melihat sebuah musibah hanya sebagai ujian dari tuhan, karena tuhan tak sayang sama kita (na’udzubillah). Tuhan sayang sama kita, makanya dia menguji kita, menguji hambanya yang pilihan…dan ternyata banyak hikmah di dalamnya yang bisa kita ambil.

Saya punya teman, beliau sangat saya hormati. Dan saya banyak belajar dari beliau. Beliau pernah bercerita tentang keikhlasan. Beliau tinggal di jogja, salah satu ceritanya adalah ketika jogja dilanda gempa besar tahun lalu, rumah beliau retak-retak. Beliau marah pada tuhan awalya, karena mobil beliau pun ikut lecet. Tapi beliau sadar. Tidak mungkin tuhan memberikan musibah tanpa ada hikmah dan peringatan di dalamnya. Lalu beliau melihat tetangga-tetangganya yang rumahnya hancur bahkan nyawanya pun hilang. Disitu beliau sadar makna keikhlasan. Karena bagi beliau ketika yang diberikan dan di titipkan pada kita itu halal, dan Allah sayang kita, maka suatu saat pasti diambilnya lagi.. jadi ikhlas lah.

Dari situ saya mulai merenung. Wah benar juga ternyata, karena tiap hal punya dua sudut pandang yaitu negative dan positif yang sama-sama harus kita pilih, lalu kenapa tidak kita pilih yang positif… toh sama-semua mempengaruhi kita. Bedanya, yang positif membuat kita optimis dan yang negative membuat kita pesimis..

Memang sulit untuk memulai berpandangan positif dan melihat dasi sisi positif dalam setiap keadaan tapi kita harus mencobanya. Katanya kan “orang bisa karena biasa”. Seperti banyak orang yang melihat Apel jatuh dari pohonnya itu biasa, tapi bagi ISSAC NEWTON hal itu luar biasa. Karenanya ia bisa melihat dari sudut pandang lain yang berbeda dari orang biasa pikirkan akhirnya, ia menemukan hukum gravitasi. Wow…luar biasa orang yang bisa melihat segala sesuatu dari sisi lain…^_^


Leave a Reply

Tag Cloud

