SPIRIT, FRESH, AND FUNNY STYLE

I’M SHERLOCK HOLMES

sherlockKalau di bacaan sebelumnya ada tokoh pencipta karangan fiksi detektif, sekarang SHERLOCK HOLMES sendiri akan memperkenalkan diri bagi pecinta novel mistery terutama detective.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas:

Sherlock Holmes adalah detektif fiktif berkebangsaan Inggris ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Ia biasanya ditemani rekannya Dr. Watson dalam petualangannya. Ia terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus.

Sherlock Holmes menyebut dirinya “detektif konsultan“, orang yang dimintai tolong dalam suatu kasus ketika kasus tersebut dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain; kita bahkan sering mendengar bahwa dia dapat memecahkan suatu kasus tanpa harus meninggalkan rumahnya. Ia sangat handal dalam menyelesaikan kasus-kasus yang tidak biasa dengan menggunakan kemampuan analisisnya yang luar biasa, dan sering juga menunjukkan kemampuannya ini kepada klien barunya dengan membuat analisis langsung tentang pribadi atau hal-hal yang baru saja dilakukan sang klien. Strategi ini, tentu saja, tidak pernah gagal mencengangkan dan membuat kliennya percaya akan kemampuannya.

Sir Arthur Conan Doyle mendasarkan penciptaan Holmes atas gurunya di Fakultas Kedokteran Universitas Edinburgh, seorang ahli bedah yang sangat berbakat dan juga detektif forensik Joseph Bell, yang mana ilmu forensik menjadi ilmu baru pada waktu itu. “Holmes” dinamakan atas Oliver Wendell Holmes yang sangat dikagumi oleh Conan Doyle, dan atas atlet kriket Inggris yang bernama Sherlock.

Sherlock Holmes tinggal di 221B Baker Street sejak tahun 1881 di mana ia menghabiskan tahun-tahunnya bersama rekannya, dr. John H. Watson, yang dengan siapa ia berbagi kamar selama beberapa waktu sampai Watson menikah dengan Mary Morstan pada tahun 1890. Induk semangnya adalah seorang wanita Skotlandia bernama Mrs. Hudson.

Dalam sebagian besar cerita Holmes ditemani oleh dr. Watson, yang bukan hanya rekannya tapi juga merupakan penulisnya. Kebanyakan cerita Holmes diceritakan oleh dr. Watson, tentang penyelesaiannya dalam masalah kriminal; di cerita-cerita selanjutnya, Holmes mengkritik Watson atas tulisannya karena Watson menulisnya seperti cerita biasa dan bukannya penjelasan ilmiah.

Holmes mempunyai seorang kakak, Mycroft Holmes, yang muncul di 3 cerita, Penterjemah Yunani, Kasus Terakhir, dan Rencana Bruce-Partington

SEDIKIT TENTANG KARYA CERPEN CINAN DOYLE :

Kembalinya_Holmes

Penulis  : Sir Athur CONAN DOYLE

Judul asli :  The Return of Sherlock Holmes

Penerjemah Dra Daisy Dianasari

Seniman sampul David

Negara : Indonesia

Bahasa : Indonesia

Serial   :  Sherlock holmes

Genre  :  Fiksi Detektif

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal terbit : Juni 1993

Terbitan dalam Bahasa Inggris 1905

Halaman 543, Ukuran berat 11 x 18 cm, 0,30  KG

ISBN : 979-511-779-3

Salam_TerakhirPenulis : Sir Athur Conan Doyle

Judul asli : His Last Bow

Penerjemah : Dra. Daisy Dianasari

Seniman sampul : David

Negara : Indonesia

Bahasa : Indonesia

Serial : Sherlock Holmes

Genre : Fiksi Detektif

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal terbit : Desember 1994

Terbitan dalam Bahasa Inggris 1917

Media Cetak bersampul Halaman 320

ISBN : 979-605-107-9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: